Menginstall paket rpm / aplikasi di linux

Senin, 15 Maret 2010

MENGENAL RPM
  

RPM adalah singkatan dari red hat packet manager , sebuah perangkat lunak yang di gunakan dalam distribusi red hat dan distribusi lain yang merupakan turunan dari red hat untuk mengatur paket paket program yang di install . RPM memudahkan dalam menginstall , menghapus ataupun mengupgrade paket yang ada dalam sebuah sistem.

sebuah program di jalankan dalam sistem linux sering terdiri dari ratusan file yang harus di tempatkan pada lokasi tertentu , dengan RPM , pekerjaan instalasi , upgrade dan menghapus program tersebut akan menjadi jauh lebih mudah . file file program  , dokumentasi  , keterangan mengenai program , dimana file file program itu nanti akan di letakan pada waktu instalasi  , berupa ruang hardisk yang di perlukan  , paket paket RPM lain yang di butuhkan supaya paket tersebut dapat berjalan dan seterusnya di jadikan satu dalam sebuah paket RPM .



MENGGUNAKAN RPM

RPM dapat di akses dengan menggunakan baris perintah ataupun dengna menggungakan antar muka grapik dengan program tambahan seperti kpackage,gnorpm, glint.

keuntungan menggunakan baris perintah adalah tidak terikat pada dekstop enviroment yang ada , dapat digunakan pada kompuer yang tidak memiliki xwindows dan dapat digunakan wildcard untuk menginstall beberapa paket sekaligus . untk melakukan instalasi biasanya harus di gunakan user root.

MENGINSTALL PAKET.

untuk meng - install paket baru digunakan perintah rpm sebagai berikut :
           #rpm -i namapaket.rpm


yang harus diperhatikan pada waktu menggunakan perintah di atas , nama file harus di ketik dengan lengkap , perhatikan contoh berikut :
           # rpm -i ymessenger-0.99-11.i386.rpm

dengan menggunakan perintah di atas hanya akan menampilkan paket - paket yang ada di -install tanpa menghasilkan keluaran apa apa , untuk melihat paket apa saja yang di -install , tambahkan parameter v
 ( verbose) sehinngga perintahnya akan menjadi seperti berikut :
           # rpm -iv ymessenger-0.99-11.i386.rpm

perintah di atas hanya akan menampilkan paket - paket yang di install  , untuk dapat melihat proses instalasinya  , tambahkan parameter  h ( hash ) perintahnya akan menjadi  sebagai berikut :

           # rpm -ivh ymessenger-0.99-11.i386.rpm

biasanya perintah terakhir di atas paling umum di gunakan untuk melakukan instalasi . untuk dapat secara mendetail  , file apa saja yang di install dalam sistem  , gunakan perintah :
           # rpm -ivv  ymessenger-0.99-11.i386.rpm

selamat mencoba
semoga bermanpaat




0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Lorem

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes